Proses Kultivasi Tanaman Obat di BumiHerbal

Salah satu visi dan misi BumiHerbal adalah pelestarian tanaman obat, yang prosesnya adalah sebagai berikut:

1. Green House

Bibit tanaman baru dimasukkan ke Green House untuk diperlakukan secara khusus agar terlindung dari habitat yang mungkin tidak cocok untuk tanaman tersebut. Proses ini termasuk untuk memastikan apakah tanaman baru tersebut bisa dikembangkan atau tidak di BumiHerbal.

2. Lahan Tanam

Setelah diperlakukan secara khusus di Green House kemudian tanaman baru dipindah ke lahan tanam agar bisa tumbuh lebih besar sekaligus memastikan kembali apakah tanaman tersebut cocok di lahan koleksi BumiHerbal.

3. Determinasi

Setelah memastikan bahwa tumbuhan tersebut bisa dikembangkan di BumiHerbal, dilakukan determinasi untuk mencari informasi mengenai tanaman tersebut, bagaimana karakter tanaman, apa family, genus, dan species-nya, serta mengecek kembali mengenai nama dalam bahasa Indonesia serta nama latin yang benar.

4. Lahan Koleksi Setelah melalui 3 tahapan di atas, barulah tanaman dikembangkan di Lahan Koleksi. Di lahan koleksi akan dilakukan pembibitan dan juga ditampilkan untuk dilihat oleh para pengunjung BumiHerbal. Selain itu, paska panen tanaman tersebut akan diolah menjadi obat, makanan, atau minuman. Contohnya sirup, simplisia, teh-tehan dan lainnya.

 

Komentar

%d bloggers like this: