4 Tanaman Herbal Penurun Gula Darah

Hari Diabetes Dunia yang diperingati setiap tanggal 14 November menjadi hari penting yang dapat kita jadikan renungan. Bagi penderita diabetes hari itu juga dianggap sebagai hari penyemangat untuk selalu tetap menjaga hidup dengan pola yang telah diatur. Selain itu, mengkonsumsi obat-obatan tradisional dari tumbuhan herbal sangat dianjurkan bagi penderita diabetes untuk menurunkan gula darahnya. Apa saja tanaman herbal yang dianjurkan bagi penderita diabetes?

1. Kayu Manis (Cinnanomum burmamii)
Kayu manis mengandung antioksidan yang bisa membantu mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis membantu proses pencernaan setelah makan dan membantu memperbaiki respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui bisa menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol total pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes. Anda dapat menyeduh 2 gr kulit batang selama 10 menit dengan 100 ml air mendidih.

2. Pare (Momordica charantia)
Tanaman satu ini terkenal karena buahnya yang pahit. Justru dibalik rasa pahitnya itulah pare bermanfaat bagi kesehatan dengan indikasi dapat menurunkan gula darah. Kandungan gizi pada pare cukup baik. Pare mengandung protein, karbohidrat, dan sedikit lemak mineral pare kaya akan kalsium, zat besi dan fosfor. Vitamin yang menonjol terdapat di dalamnya adalah vitamin A dan vitamin C. Anda bisa merebus atau mebuat jus dengan pare ini sebanyak 20gr per harinya.

3. Brotowali (Tinospora crispa)
Brotowali mengaktifkan fungsi kerja pankreas dan membantu menormalkan sel- sel beta di dalam tubuh. Untuk pemanfaatannya, tahap awal adalah mencuci bersih batang dan daun brotowali, lalu direbus dengan air secukupnya. Air rebusan tersebut diminum satu gelas setiap pagi dan sore hari sesudah makan.

4. Sambiloto (Andrographis paniculata)
Sambiloto mengandung Flavonoid yang cukup tinggi. Flavonoid terbukti mampu mengurangi produk glukosa di hati sehingga kadar glukosa darah tidak lagi mengalami lonjakan yang cukup drastis. Selain itu, sambiloto juga dapat mengaktifkan dan meningkatkan aktifitas sel beta pankreas untuk menghasilkan insulin dalam jumlah yang cukup. Cukup dengan menyeduh 2 gr herba sambiloto kering selama 10 menit dengan 200 ml air.

Ternyata 4 tanaman herbal tadi dapat membantu menurunkan kadar gula darah dalam tubuh. Dukung dan semangati orang terdekat anda yang menderita diabetes, untuk hidup lebih semangat. Berikan apresiasi dan makan dengan menu yang sama agar penderita doabetes tidak merasa dibedakan, tentu dengan syarat pola makan yang harus tetap dijaga. Selamat Hari Diabetes Dunia!

 

Komentar

%d bloggers like this: