Jaga Imunitas Tubuh Dengan Daun Sirsak

Buah sirsak yang memiliki aroma khas serta rasanya yang asam dan manis ini merupakan salah satu buah favorit untuk dijadikan minuman segar nan sehat. Rasanya yang nikmat membuat buah ini menjadi pilihan untuk menjadi pelepas dahaga serta menyehatkan karena memiliki kandungan vitamin C, B1 dan B2 yang dibutuhkan oleh tubuh kita. Namun, ternyata tak hanya buah dari tanaman sirsak saja yang memiliki manfaat bagi kesehatan. Daun dari tanaman sirsak pun dapat dijadikan sebagai obat tradisional bagi kesehatan kita.

Annona muricata atau yang lebih dikenal dengan sebutan daun sirsak ini bermanfaat karena adanya berbagai macam kandungan atau senyawa kimia, diantaranya antioksidan yang berfungsi menangkal anti radikal bebas. Di saat peralihan musim seperti ini, keberadaan kandungan antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh. Mengkonsumsi tanaman herbal seperti daun sirsak ini dapat dijadikan penambah kekuatan imun tubuh.

Dalam mengaplikasian fungsi daun sirsak sebagai penambah kekuatan imun tubuh, berikut merupakan cara tradisional yang dapat anda lakukan di rumah:

  • Pertama, siapkan 5 lembar daun sirsak tua
  • Kemudian, masukkan 4 gelas air ke dalam panci
  • Masukkan daun sirsak tersebut hingga mendidih
  • Diamkan hingga air rebusan terlihat hanya tersisa 1 gelas saja
  • Air rebusan daun sirsak siap diminum

Daun sirsak sendiri kini lebih mudah ditemukan dan dikonsumsi. Pasalnya, daun sirsak ini telah diolah kedalam bentuk yang lebih praktis yaitu dalam kemasan dengan cara diseduh. Di kebun, Bumi Herbal mengolah tanaman herbal menjadi herbal simplisia. Salah satu hasil pemanfaatan tanaman herbalnya, adalah Simplisia Daun Sirsak.

Selain untuk menjaga kekuatan imun tubuh, Simplisia Daun Sirsak juga dapat membantu untuk penyembuhan kanker. Pada tahun 1976, National Cancer Institute telah melakukan penelitian ilmiah dan hasilnya menyatakan batang dan daun sirsak efektif menyerang dan menghancurkan sel-sel kanker. Ini karena kandungannya yang sangat tinggi senyawa proaktif bagi tubuh, ini jarang ditemukan pada buah lainnya.

(Dari berbagai sumber)

 

Komentar

%d bloggers like this: