Tanaman Obat Peningkat Kekebalan Tubuh Bagi ODHA

AIDS atau Acquired Immune Deficiency Syndrome merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus yang bernama HIV (Human Immunodeficiency Virus). Virus ini menyerang sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan daya tahan tubuh penderita AIDS menurun drastis. Hingga sekarang, belum ditemukan obat yang dapat menyembuhkan penyakit AIDS.

Saat ini, HIV/AIDS ditangani dengan terapi antiretroviral karena HIV adalah retrovirus. ARV tidak membunuh virus, tetapi dapat memperlambat pertumbuhannya. Terapi dengan ARV berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh sekaligus menekan pertumbuhan virus. Ketersediaan obat ini pun terbatas.

Untuk itu, diperlukan tambahan makanan yang dapat meningkatkan sistem imun bagi penderita AIDS. Banyak tanaman dan tumbuhan herbal di Indonesia yang memiliki khasiat membantu para ODHA dalam melawan penyakitnya, antara lain:

Sirsak (Annona muricata L)
Daun sirsak mengandung accetogenins, annocatin, annocatalin, annohexocin, annonacin, annomouricin, annomourine, anonol, caclourine, gentisic acid, gigantetronin, linoleid acid, muricapentosin, senyawa tersebut yang sangat berguna untuk mengobati penyakit maupun untuk meningkatkan kekebalan tubuh. ODHA dapat mengkonsumsinya karena daun sirsak dipercaya dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan stamina dan juga kebugaran tubuh.

Pegagan (Centella asiatica)
Tanaman herbal ini mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan senyawa glikosida triterpenoida dan beberapa mineralnya terbukti berguna bagi daya tahan tubuh dan daya ingat. Pegagan juga dapat membantu menyeimbangkan tingkat energi serta menurunkan gejala stres dan depresi. Di Bumi Herbal kami telah mengeringkan Herbal Pegagan, sehingga dapat dikonsumsi hanya dengan diseduh saja. Selain diminum, tanaman pegagan ini juga dapat dimakan dan diolah dengan cara dijadikan urap pegagan. Yummy!

Meniran (Phyllanthus urinaria)
Tanaman ini khas Indonesia. Secara klinis, ekstrak meniran telah terbukti bersifat immunistimulan atau mampu merangsang daya tahan tubuh, sehingga kebal akan serangan penyakit. Meniran mengandung beberapa komponen kimia, diantaranya flavonoid yang mampu merangsang sistem imun manusia agar bekerja lebih baik. Herbal ini digunakan untuk terapi tambahan untuk penderita HIV/AIDS.

Sambiloto (Andrographis paniculata Ness)
Sambiloto mengandung andrographolide dan panicolin yang berkhasiat meningkatkan daya tahan tubuh. Sambiloto diyakini mampu menangkal virus HIV/AIDS. Makanya di Amerika Serikat, sambiloto sudah dipatenkan sebagai obat penyakit AIDS.

Rosella (Hibiscus sabdariffa)
Rosella memiliki beragam manfaat bagi kesehatan tubuh diantaranya meningkatkan kekebalan tubuh, menurunkan darah tinggi, mengatasi radikal bebas, dan menurunkan kolesterol serta membantu mengobati kanker serta HIV/AIDS.

Sahabat Herbal, jika di lingkungan anda berada terdapat ODHA, coba sarankan mereka dengan mengkonsumsi tanaman obat seperti di atas. Selain mengkonsumsi, kita dapat menanam tanaman herbal di pekarangan kita untuk mempermudah saat dibutuhkan. Sebagai bentuk dukungan kepedulian kepada ODHA, konsumsi dan penanaman juga perwujudan kita sebagai pelestarian tanaman obat Indonesia. Salam Sehat!

 

Komentar

%d bloggers like this: