Tumbuhkan Semangat ODHA, Hidup Lebih Lama

Sampai saat ini, jumlah penderita HIV/AIDS di dunia masih terus bertambah. AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) dapat diartikan sebagai kumpulan gejala penyakit yang disebabkan oleh menurunnya kekebalan tubuh akibat infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). AIDS merupakan tahap akhir dari infeksi HIV.

Para penderita HIV/AIDS atau yang biasa disebut dengan ODHA (Orang Dengan HIV/AIDS), tentu tidak menginginkan hal itu. Tidak semua ODHA terjangkit karena melakukan free sex, pecandu narkoba ataupun hal yang dianggap negatif lainnya. Banyak ODHA yang terjangkit virus karena ketidaksengajaan, bahkan mereka tak tahu apa penyebabnya mereka tejangkit. Yang menyedihkan lagi, mereka langsung mendapatkan tindakan diskriminatif dari lingkungan sekitarnya, bahkan keluarga sekalipun. Pengucilan, cemoohan menjadi hal yang sudah hampir pasti didapatkan para ODHA.

Beri dukungan sosial

Sebagai masyarakat yang memiliki tanggung jawab moral, sudah sepatutnya kita melindungi dan memberikan rasa aman dan nyaman kepada ODHA. Memberikan dukungan sosial akan membuat mereka merasa tenang dan lebih dihargai. Dukungan seperti apa yang dapat kita lakukan?

1. Dukungan emosional dan penghargaan

Pemberian perhatian, kepedulian, ekspresi empati, dan kasih sayang pada ODHA. Selain itu, kita juga bisa memberikan dorongan yang positif serta menghargai ide, keputusan, dan perilaku yang ODHA lakukan.

2. Dukungan instrumental

Dukungan ini mengarah pada pemberian bantuan secara langsung atau tidak langsung yang dapat berupa jasa atau benda. Misalnya, memberikan perlengkapan hidup, kebutuhan rumah tangga, dan membantu ODHA mengurus kehidupan mereka.

3. Dukungan informasi

Dukungan ini mengarah pada pemberian saran, nasihat, kritikan, dan petuah yang dapat membantu ODHA untuk menghadapi kerasnya hidup dan perlakuan diskriminatif yang mungkin diterima dengan sabar dan tabah.

4. Dukungan persahabatan

Dukungan ini erat kaitannya dengan hakikat kita sebagai makhluk sosial. Dukungan ini mengarah pada pemberian dukungan berupa penerimaan dalam sebuah kelompok atau lingkungan sehingga ODHA merasa diterima sebagai bagian dari masyarakat.

Sahabat Herbal, dengan memberikan dukungan sosial kepada para ODHA membuat mereka memiliki semangat untuk hidup. Jika mereka lebih bahagia dalam menjalani hidup tentu akan membuat ODHA lebih kuat untuk bertahan hidup walaupun kondisi mereka melemah. Libatkan ODHA dalam pergaulan anda, semangati dan stop diskriminasi ODHA.

 

Komentar

%d bloggers like this: