Jamu Tradisional Peningkat Nafsu Makan

Nafsu makan anda menurun? Jika dibiarkan, kondisi kesehatan anda akan memburuk dan tubuh kekurangan gizi sehingga penyakit mudah menyerang anda. Untuk mengatasi kurangnya selera atau nafsu makan, sebaiknya anda menggunakan cara yang alami, seperti jamu tradisional berikut ini :

1. Temulawak (Curcuma xantherrhiza)
Temulawak mengandung minyak atsiri dan dapat menjadi peningkat nafsu makan. Walaupun memiliki rasa yang pahit, sedikit pedas dan beraroma tajam, namun temulawak sangat efektif untuk menaikkan nafsu makan. Dikutip dari cara-kesehatan.com, cara membuat ramuan temulawak adalah dengan memarut 30 gram rimpang temulawak hingga halus, tambahkan 3 sendok makan air, lalu peras parutan rimpang temulawak tersebut. Setelah itu tambahkan 1 sendok teh gula aren kedalam air perasan. Anda dapat meminum ramuan ini 3 kali sehari untuk meningkatkan nafsu makan.

2. Daun Kenikir (Cosmos caudatus)
Daun kenikir mengandung saponin, flavonoida polifenol dan minyak atsiri. Secara tradisional daun ini juga digunakan sebagai obat penambah nafsu makan, lemah lambung, penguat tulang dan pengusir serangga. Cara mengkonsumsinya cukup mudah, yaitu dengan mengkonsumsinya sebagai lalapan. Karena umunya daun kenikir ini memang sering dijadikan salah satu pelengkap sayuran pada pecel. Daun kenikir ini memiliki aroma yang cukup khas, sedikit wangi dan rasa yang agak sedikit getir.

3. Beras Kencur
Bahan utama beras kencur, tentu saja, adalah beras yang dihaluskan dan rimpang kencur. Kombinasi beras dan kencur banyak mengandung vitamin B yang dapat merangsang lambung memberikan rasa lapar sehingaa nafsu makan bertambah. Ini cukup efektif terutama pada anak kecil yang kebanyakan memang susah makan. Jamu ini juga sering disarankan kepada wanita hamil yang mengalami kurangnya nafsu makan.

4. Temu Ireng (Curcuma aeruginosa)
Temu ireng adalah sejenis tumbuhanan yang rimpangnya dimanfaatkan sebagai campuran obat/jamu. Mengandung minyak astiri yang bermanfaat untuk mengatasi masalah pencernaan dan menambah nafsu makan.

Jamu tradisional ini memiliki banyak khasiat bagi kesehatan. Selain manfaatnya datang dari bahan-bahan alami, tradisi minum jamu ini bisa menjadi pencegahan awal sebelum gejala penyakit memburuk. Jamu ini mudah didapat dan tentu harganya sangat terjangkau. Bahkan Anda pun bisa membuatnya sendiri. Selamat mencoba!

 

Komentar

%d bloggers like this: