Makanan Ini Baik Untuk Kesehatan Mata

Untuk menunjang keindahan mata, maka diperlukan makanan untuk membuat mata terlihat tetap sehat. Selain wortel yang terkenal khasiatnya bagi kesehatan mata karena kandungan beta karotennya, rupanya ada beberapa tanaman atau makanaan lain yang berpengaruh bagi kesehatan mata.

1. Pegagan
Dirangkum dari fmipa.uny.ac.id, ternyata ada zat yang dibutuhkan oleh mata yang terdapat dalam tanaman pegagan yaitu carotenoids yang dapat membantu mempertajam pandangan mata. Senyawa ini diperlukan bagi mata untuk meningkatkan ketajaman pandangan mata (visus).

2. Buah Salak
Penelitian terbaru yang disampaikan oleh Nurfi Afriansyah, MSc dari Pusat Litbang Gizi dan Makanan Departemen kesehatan RI sebagaimana ditulis dalam tabloid gaya hidup sehat menyatakan bahwa kandungan betakaroten dalam 100 gram salak kurang lebih 5,5 kali lebih banyak dibanding mangga, 3 kali dibandingkan jambu biji dan 5 kali semangka merah.

3. Ikan Salmon
Menurut wolipop.detik.com, Ikan salmon memiliki kandungan omega-3 lebih banyak jika dibandingkan dengan jenis ikan/makanan laut yang lainnya. Beberapa penelitian menunjukan bahwa orang yang rutin mengkonsumsi asam lemak omega-3 maka akan terhindar dari gangguan mata kering sehingga mata akan tetap sehat.

4. Brokoli
Brokoli mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin. Kedua nutrisi ini fungsinya seperti ‘sunglasses’ yang berfungsi untuk melindungi mata dari pancaran sinar UV. Tidak hanya itu, mengkonsumsi brokoli terbukti dapat menurunkan resiko terkena katarak.

5. Bawang Putih
Kandungan selenium, vitamin C, vitamin B1, quercetin, dan glutathione pada bawang putih bermanfaat untuk melindungi lensa mata dari radikal bebas seperti sinar UV. Selain itu bawang putih juga dapat menjaga sirkulasi darah dan dapat memperkuat sel-sel optik dan daya tahan tubuh yang tentu saja akan membantu mata kita agar tetap sehat.

6. Alpukat
Adanya kandungan Luetin di dalam alpukat dapat mencegah setiap gangguan pada mata serta dapat memberi perlindungan untuk mencegah degenerasi makular dan mata katarak.

 

Komentar

%d bloggers like this: