Mengenal Jenis Jintan

Jintan merupakan tanaman rempah yang termasuk ke dalam famili Ranunculaceae. Jenis yang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari adalah jintan putih (Cuminum cyminum L.), jintan manis (Pimpinella anisum L.) dan jintan hitam (Nigella sativa L.). Jintan putih dan jintan manis ini banyak digunakan sebagai bumbu masakan atau bahan tambahan jamu-jamuan. Namun jintan hitam selain berfungsi sebagai bumbu masak juga lebih banyak dikenal masyarakat sebagai tanaman obat tradisional yang cukup banyak mengandung khasiat dan manfaat dan sangat berpotensi untuk dikembangkan. Yuk kita coba lebih mengenal ketiga jenis Jintan tersebut.

1. Jintan Putih
Dirangkum dari indonews.co.id, Tanaman jinten putih sudah dikenal sejak dahulu, apalagi ibu rumah tangga pasti sangat mengenal betul akan tanaman yang satu ini. Sama seperti pandan, jinten ini juga digunakan untuk bumbu makanan karena aromanya yang menggugah selera. Jintan pada umumnya sering digunakan sebagai bumbu masakan opor, gulai, atau kari. Manfaatnya bagi kesehatan adalah untuk penyakit Jantung, haid tak lancar, dan sulit untuk tidur.

2. Jintan Manis
Jintan manis dipercaya memiliki banyak khasiat. Ia dapat melegakan nyeri badan, melancarkan haid, memperbanyak produksi ASI dan membuang gas dalam usus. Jintan manis mengandung banyak flavonoid yang salah satunya berfungsi sebagai anti-oksidan seperti kaempferol dan quercetin.

3. Jintan Hitam
Biji jintan hitam antara lain mengandung minyak atsiri, minyak lemak, dan saponin. Kandungan lainnya adalah melantin, zat pahit nigelin, nigelon, dan timokinon. Minyak atsiri pada umumnya bersifat anti bakteri, anti peradangan dan menghangatkan perut. Jintan hitam juga mengandung karoten yang dapat berfungsi sebagai antikanker, hormon seks alamiah, meningkatkan produksi air seni dan empedu serta enzim-enzim pencernan dan dapat menekan produksi asam lambung.

 

Komentar

%d bloggers like this: