5 Manfaat Yoghurt Bagi Kesehatan

Yoghurt, mendengar kata yoghurt saja langsung terbayang rasa segar dan asam yang dihasilkan dari fermentasi susu ini. Ya, yoghurt memang berasal dari susu yang ditambahkan dengan bakteri dan kemudian membentuk asam laktat. Bakteri yang ditambahkan itulah yang akan memicu proses fermentasi dari susu sehingga protein pada susu pecah hingga susu akan terasa asam dan kental. Manfaat yoghurt yang begitu terkenal yaitu baik bagi pencernaan, lalu apakah ada manfaat lain yoghurt selain untuk perncernaan? Ini dia 5 manfaat yoghurt yang penting untuk diketahui.

1. Melindungi Gigi
Yoghurt berasal dari susu, oleh karena itu yoghurt dapat menyeimbangkan kadar pH mulut, mempertahankan dan membangun kembali enamel gigi. Asam laktat dalam yoghurt juga ada untuk memberikan perlindungan gusi juga membunuh bakteri penyebab gigi berlubang.

2. Pencegahan Osteoporosis
Susu mengandung banyak kalsium didalamnya. Asam laktat menyerap kalsium dan fosfor yang baik untuk kekuatan tulang. Vitamin K yang terdapat pada manfaat yoghurt juga membantu metabolisme tulang agar berjalan dengan baik sehingga dapat mencegah osteoporosis.

3. Membasmi Ketombe
Dikutip dari manfaat.co.id, yoghurt mengandung sifat anti jamur dan anti-bakteri yang membantu merangsang pertumbuhan rambut dengan bertindak sebagai pembersih alami dan menyingkirkan ketombe. Manfaat anti-bakteri juga membantu menenangkan kulit kepala dan mengurangi rasa gatal.

4. Mengatasi Jerawat
Karena sifat asam, yogurt menghancurkan berbagai bakteri penyebab jerawat, jamur dan kuman dalam tubuh. Caranya, anda dapat menggunakan yogurt krim pada wajah (masker wajah) dan cuci setelah 30 menit dengan air bersih untuk membersihkan kulit. Atau buat pasta dari yoghurt dengan menambahkan manfaat kunyit bubuk untuk membantu mencerahkan kulit, karen kandungan Vitamin C pada kunyit.

5. Menjaga Kesehatan Organ Intim Wanita
Menurut seksualitas.net, bahwa yoghurt dapat menjaga kesehatan intim wanita. Dalam sebuah penelitian, di Long Island Jewish Medical Center di New York City, penelitian tersebut menunjukan bahwa konsumsi yogurt secara rutin dapat melawan pertumbuhan jamur candida penyebab infeksi vagina.

 

Komentar

%d bloggers like this: