Kelor, Daun Ajaib Bagi Kesehatan

Tumbuhan berdaun bulat dengan ukuran kecil ini memang sering dihubungkan dengan mistik. Menurut mitos, Kelor (Moringa oleifera) erat hubungannya dengan makhluk halus. Hingga pantang rasanya seorang jawara memakan atau terkena kelor, karena akan menghilangkan kesaktiannya. Namun dibalik mitos mistik tersebut, rupanya Kelor memiliki khasiat bagi kesehatan tubuh, yang mungkin belum anda ketahui. Dilansir dari health.liputan6.com, berikut 6 khasiat dari daun kelor:

1. Reumatik, nyeri dan pegal linu

Bahan: 2-3 gagang daun kelor dan 1/2 sdm kapur sirih.

Cara membuat dan menggunakan: Tumbuk kedua bahan tersebut hingga halus, lalu hasil tumbukkan dioleskan pada bagian tubuh yang terkena sakit.

2. Sakit mata

Bahan: 3 gagang daun kelor.

Cara membuat dan menggunakan: Tumbuk daun kelor hingga halus, lalu aduk dengan 1 gelas air sampai merata. Diamkan hingga ampasnya mengendap. Setelah itu, air ramuan dapat langsung digunakan seperti menggunakan obat mata pada umumnya.

3. Biduran/alergi

Bahan: siapkan 1 sampai 3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulosari.

Cara membuat dan menggunakan: Rebus semua bahan tersebut dengan 3 gelas air sampai mendidih hingga tersisa 2 gelas. Setelah itu, saring sampai bersih. Setelah dingin, minumlah ramuan tersebut 2 kali sehari, pagi dan sore.

4. Cacingan

Bahan: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai dan 1-2 batang meniran.

Cara membuat dan menggunakan: Semua bahan dicampur dengan 2 gelas air putih. Angkat setelah air yang tersisa hanya 1 gelas saja kemudian saring. Hasil saringan kemudian diminum sampai habis.

5. Luka nanah

Bahan: 3 sampai 7 gagang daun kelor

Cara membuat dan menggunakan: Remas-remas daun kelor hingga cairannya keluar. Setelah itu, tempelkan pada bagian yang luka.

6. Rabun ayam

Bahan: 3 gagang daun kelor

Cara membuat: Tumbuk halus daun kelor, lalu seduh dengan 1 gelas air masak kemudian disaring. Air saringan lalu dicampurkan dengan madu lalu aduk hingga merata. Minum ramuan ini sebelum tidur.

 

Komentar

%d bloggers like this: