Jangan Takut Gemuk, Karena Makan Daging

Sahabat Herbal, tak sedikit orang menghindari memakan daging sapi karena takut akan kandungan lemaknya. Padahal, kandungan gizi pada daging sapi sangatlah dibutuhkan oleh tubuh, seperti protein, omega 3, zat besi, vitamin D dan masih banyak lagi lainnya. Hal yang perlu dilakukan adalah dengan memperhatikan cara pengolahannya, sehingga lemak pada daging bukan lagi menjadi musuh untuk dihindari. Berikut tips memasak daging sapi yang dilansir dari constiti.com:

Memisahkan lemak

Anda tidak perlu takut makan daging sapi karena pada dasarnya daging sapi tidak membuat anda gemuk. Yang membuat anda gemuk adalah lemak yang menempel pada daging, jadi bersihkanlah terlebih dahulu sebelum memasaknya. Lemak biasanya menempel pada daging sapi, dan perlu dipisahkan agar menjadi daging sapi yang sehat. Cara memisahkan lemak dari daging sapi cukup dengan memotong bagian luar daging yang berwarna putih karena itu adalah lemak. Tetapi jangan sampai memotong bagian putih dalam daging, karena akan membuat potongan daging menjadi lebih kecil dan saat dipanaskan lemak dalam daging akan ikut meleleh.

Cara memasak

Daging sapi yang sehat dan aman dikonsumsi sangat berkaitan dengan cara/metode memasak. Gunakan metode memasak seperti steam, direbus, dikukus, dipanggang, atau cara memasak lain yang tidak terlalu banyak menggunakan minyak goreng. Dengan begitu daging sapi olahan anda akan tetap sehat dan sehat untuk anda konsumsi.

 

Daging sapi mengandung lemak, tetapi hanya beberapa bagian saja yang mengandung banyak lemak, seperti antara daging sirloin dan tenderloin. Menurut Sahabat Herbal, manakah yang lebih rendah lemak? Dikutip dari L-Men Indonesia, sirloin memiliki lemak yang terpisah di bagian sisi daging, sehingga terlihat sangat berlemak. Berbeda dengan sirloin, tenderloin memiliki kandungan lemak yang lebih tinggi di dalam ototnya (intramuscular fat). Jadi mengonsumsi sirloin dengan menyisihkan lemaknya akan memberikan asupan lemak yg lebih rendah dibanding mengonsumsi tenderloin. Selain itu, memilih daging sapi yang berwarna merah rupanya kaya akan zat besi, asam lemak, protein, seng, selenium yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

Gunakan rendah sodium

Sodium adalah bagian dari garam, dan sodium tidak boleh terlalu banyak saat anda mengolah daging sapi karena jika anda menggunakan sodium untuk membumbui daging sapi terlalu banyak maka dapat meningkatkan aliran dan tekanan darah sehingga bisa membuat tekanan darah tinggi. Sebaiknya anda gunakan bumbu-bumbu herbal, rempah-rempah, atau jeruk yang akan membuat aroma olahan daging sapi anda semakin menggoda.

 

Komentar

%d bloggers like this: