Pohpohan, Lalapan yang Tinggi Kalsium

Bagi Anda penggemar makanan Sunda, tentu tak asing dengan lalapan yang satu ini, yaitu pohpohan. Rasa dan aroma nya cocok untuk dikonsumsi sebagai lalapan, apalagi jika dimakan bersama sambal terasi. Daun pohpohan memiliki fisik berdaun lembut dengan gerigi di tepi dan tentu memiliki wangi yang khas. Daerah yang sejuk akan menjadi favorit pohpohan untuk tumbuh, maka umumnya tanaman ini mudah tumbuh di daerah pegunungan seperti di Jawa Barat.

Si daun wangi ini mengandung lemak, protein dan karbohidrat serta kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, pohpohan juga kaya akan vitamin A, C, dan B1 juga mineral penting berupa kalsium, besi dan fosfor yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karena kandungan antioksidannya yang tinggi, pohpohan berfungsi sebagai pertahanan tubuh dari radikal bebas. Lalu kandungan kalsium pada tanaman ini juga dapat mengurangi resiko osteoporosis atau pengapuran tulang juga peningkatan daya ingat, karena rangsangan pada syaraf otak besar dipengaruhi oleh transmisi ion kalsium di dalam dan di luar neuron.

Kalsium di dalam pohpohan mencapai 774,0 mg per 100gr, sehingga daun ini sangat baik untuk dikonsumsi khususnya bagi anak-anak, karena kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan dan pembentukan tulang dan gigi. Jadi, jangan lupa untuk sajikan pohpohan sebagai lalapan Anda dan wangi pohpohan ini akan membuat mulut Anda tetap wangi.

 

Komentar

%d bloggers like this: