Antara Naik dan Turun Tangga, Lebih Baik Mana?

Tak dipungkiri, naik tangga memang lebih menguras energi ketimbang turun tangga. Sehingga, sebagian besar orang memilih untuk ‘berolahraga’ dengan cara turun tangga saja dan menghindari naik tangga dengan menggunakan lift atau eskalator.

Namun sebenarnya, jangan hanya turun tangga saja yang Sahabat Herbal lakukan, karena naik tangga justru lebih aman untuk melatih tulang sendi.

Sendi merupakan anggota tubuh yang secara terus menerus mengalami tekanan. Dilansir dari vemale.com, bahwa ketika turun tangga, tulang sendi akan menanggung beban 5 kali lebih besar dari berat tubuh. Saat berjalan, tekanan pada sendi mencapai 2 kali berat tubuh, saat naik tangga meningkat hingga 3 kali. Hal itu disebabkan karena adanya gaya gravitasi, sehingga saat naik tangga beban pada sendi menjadi lebih kecil daripada turun tangga.

Secara alami sendi memang menanggung banyak beban. Tapi jika berat badan berlebihan atau tekanan berat pada sendi terjadi terus-menerus, maka sendi akan menanggung beban di luar kemampuannya dan bisa saja menjadi robek. Di usia yang semakin tua dan robekan bisa saja semakin parah, maka tulang bisa saling menempel dan menyebabkan gangguan persendian, osteoarthritis.

Untuk mencegah terjadinya osteoarthritis karena sendi mengalami beban di luar kemampuannya, Sahabat Herbal dapat melakukan pencegahan, seperti menjaga berat badan agar tetap ideal, dan memperkuat otot penyangga dengan olahraga seperti berenang.

 

Komentar

%d bloggers like this: