Manfaat Adas Bagi Kesehatan dan Kehidupan

Manfaat Adas sebagai campuran bumbu masak memang sudah tidak dapat diragukan lagi, karena banyak orang, termasuk di Indonesia merasakan manfaat tumbuhan yang dapat tumbuh lebih baik pada dataran tinggi ini.

Asal Mula Tanaman Adas

Berasal dari wilayah Eropa Selatan dan Asia, Tanaman Adas memiliki tinggi hampir sekitar satu meter dengan bentuk daun sedikit menyirip menyerupai bulu. Di Indonesia, Adas telah dibudidayakan dan kadang dimanfaatkan sebagai tanaman bumbu atau tanaman obat.

Sudah sejak lama Adas dijadikan tanaman herbal untuk bahan ramuan tradisional yang dapat mengobati berbagai penyakit. Selain dimanfaatkan sebagai bumbu masak, Adas merupakan rempah yang sudah menjadi komoditi ekspor karena khasiat yang ada di dalam tumbuhan ini.

Inilah Manfaat Tanaman Adas yang Perlu Anda Ketahui

Tanaman Adas memiliki banyak kegunaan, seperti pada bidang industri dan bidang pangan. Nenek moyang kita banyak menggunakan Adas dalam pembuatan ramuan tradisional untuk mengobati berbagai macam penyakit.
Apa saja sih sebenarnya manfaat lain dari tumbuhan mungil yang multifungsi ini? Yuk, kita coba cari tahu!

Manfaat Adas dan Bahan Makanan

Tanaman berbau harum dan memiliki cita rasa ini kerap dijadikan bumbu dapur pada sejumlah masakan, seperti bumbu daging, sayuran, ikan, saus, sop, salad, dan lain sebagainya. Daun Adas muda dapat langsung dikonsumsi sebagai lalapan.

Diketahui, Adas dapat dibentuk menjadi beberapa bahan makanan yang tidak lazim. Seperti tepung Adas yang dapat digunakan sebagai campuran bumbu kari dan biji Adas yang telah dihancurkan ternyata dapat digunakan sebagai salah satu bahan dari mayonnaise.

Manfaat Adas Secara Empiris

Bau khas yang dimiliki buah Adas ternyata berguna untuk melancarkan peredaran darah , menambah nafsu makan, serta mengobati gangguan lambung. Sementara daun Adas dipercaya dapat meluruhkan kencing dan meredakan sakit gigi.

Selain bermanfaat untuk memberantas cacing pada pencernaan, minyak esensial Adas juga digunakan sebagai aroma terapi untuk menyembuhkan flu dan pilek. Jika Anda mengalami sulit tidur, maka Adas yang sudah diseduh dengan air hangat dan diberi sedikit madu bisa membantu mengatasinya.

Akar Adas diketahui berguna sebagai obat pencahar yang cukup ampuh. Lalu umbi Adas sendiri adalah sumber vitamin C yang baik, yang berfungsi sebagai antimikroba agar sistem pertahanan tubuh berfungsi dengan baik.

Manfaat Adas Lainnya

Biji dan daun Adas sejak dulu diyakini dapat memperlancar ASI dan mengatasi bayi kolik. Kandungan asam folat dan galactagogue di dalamnya kerap menjadi alasan ibu menyusui mengonsumsi herbal yang satu ini.
Adas juga kerap digunakan sebagai obat untuk masalah-masalah seksual, seperti mengatasi ejakulasi dini, merangsang ereksi, dan merangsang pembentukkan hormon Androgen. Orang yang memiliki gangguan pendarahan juga sebaiknya menghindari Adas yang dianggap bisa memperlambat pembekuan darah. Mungkin inilah salah satu alasan kenapa banyak wanita menggunakan herba ini untuk melancarkan haid.
Tambahan pula, buah Adas diketahui memperlambat masa subur dan meningkatkan hormon estrogen sehingga memperlambat menopause bagi wanita. Hal ini kemudian dimanfaatkan banyak orang sebagai kontrasepsi alami yang murah serta mudah didapat.

Namun sebaiknya hindari Adas jika Anda memiliki alergi pada seledri, wortel, atau tanaman dari keluarga Apiaceae lainnya. Hindari penggunaan adas dalam dosis besar dan selalu konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda terkait dengan kondisi yang Anda alami.

 

Komentar

%d bloggers like this: