Melancarkan Haid Anda dengan 5 Bahan Herbal Alami

Kelancaran haid merupakan salah satu hal yang penting bagi seorang perempuan. Jika masa haid terjadi lebih lambat, lebih cepat, atau bahkan terlambat hingga beberapa bulan, maka haid dikatakan tidak lancar atau tidak teratur.

Siklus haid dikatakan tidak lancar bila lamanya haid berubah-ubah setiap bulannya. Saat siklus terjadi kurang dari 21 hari atau lebih dari 35 hari atau saat volume darah yang tidak sama –kadang banyak atau kadang sedikit, juga menjadi dasar haid tidak lancar.

Melancarkan Haid? Konsumsi Bahan Herbal Alami Berikut Ini

Lancar atau tidaknya haid seseorang dapat disebabkan oleh beragam hal seperti penggunaan alat kontrasepsi, pola hidup, kehamilan, tiroid, atau sindrom ovarium polikistik. Untuk mengatasinya tentu disesuaikan dengan penyebabnya. Tidak jarang perempuan akan rutin membeli minuman pelancar haid demi alasan kesehatan.

Namun ada juga olahan yang dipercaya dapat membantu wanita mengatasi masalah haid yang tidak lancar, yang dapat Anda olah sendiri di rumah. Berikut ini adalah beragam bahan alami yang bisa Anda minum sebagai minuman pelancar haid:

Jahe

Mengonsumsi jahe dipercaya dapat membantu dalam mengatasi haid yang terlambat. Anda juga dapat mengonsumsi jahe yang diolah menjadi minuman ataupun mencampurkan bahan herbal ini ke dalam teh favorit Anda.

Minyak esensial jahe juga dapat Anda gunakan untuk memperlancar aliran dan sirkulasi darah. Beberapa orang bahkan menjadikan minyak ini sebagai salah satu obat untuk mengatasi otot yang lelah, meredakan sakit otot setelah berolah raga, dan mengatasi kram akibat haid bulanan.

Kayu Manis

Tidak hanya jahe, kayu manis ternyata juga memiliki efek hangat yang diperkirakan dapat membantu dalam mengatur siklus haid. Dengan begitu, kayu manis diharapkan dapat juga mengurangi nyeri kram haid.

Kandungan hydroxychalcone yang terdapat di dalam kayu manis diyakini dapat membantu mengatur insulin dalam tubuh, sehingga haid lebih teratur. Anda bisa masukkan setengah sendok teh kayu manis bubuk ke dalam segelas susu hangat sebelum tidur.

Selain itu, Anda juga bisa mencampurkan kayu manis ke dalam minuman teh sebagai minuman pelancar haid. Apabila Anda merasa kesulitan konsumsi kayu manis karena rasanya yang menyengat, coba pilih minuman herbal yang juga mengandung kayu manis.

Kunyit

Bahan alami lainnya yang dapat diolah menjadi minuman pelancar Haid adalah kunyit. Kunyit merupakan salah satu herbal yang memberikan efek hangat, sehingga dapat mengatur hormon dan haid. Kunyit diperkirakan dapat merangsang kelancaran haid. Anda dapat mengonsumsi kunyit dengan mencampurkan bubuk kunyit dengan air, atau dengan segelas susu.

Jintan Hitam

Jintan hitam berguna untuk menggantikan zat besi yang banyak hilang saat haid. Ambil satu sendok jintan hitam organik, kemudian campur bersama satu sendok madu untuk segera dikonsumsi. Cara lain adalah dengan mencampur biji jintan hitam bersama air dan meminum air rendamannya.

Asam Jawa

Air asam jawa dapat diminum untuk melancarkan haid bulanan para wanita. Minuman ini pada dasarnya dikenal sebagai ramuan alami turun-temurun yang dipercaya sangat efektif dalam membuat datang bulan lebih lancar.

Sebelum tanggal datang bulan tiba, cobalah untuk meminum air asam yang telah dicampur gula 1 sendok makan dan sedikit garam. Lakukan secara rutin, sehari 2 kali. Selain melancarkan haid, minuman ini juga dipercaya dapat meredakan nyeri dan menghilangkan bau anyir saat haid.

Meski dipercaya dapat mengatasi masalah haid yang tidak lancar, bahan-bahan di atas masih memerlukan lebih banyak penelitian. Jika Haid yang tidak lancar membuat Anda begitu khawatir atau muncul gejala lain, cobalah untuk mengonsultasikan hal tersebut kepada dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

 

Komentar

%d bloggers like this: