Definisi dan Cara Menangani Depresi

Depresi adalah salah satu gangguan kesehatan mental yang terjadi sedikitnya selama dua minggu atau lebih. Gangguan ini biasanya dapat memengaruhi pola pikir, perasaan, suasana hati (mood) dan cara menghadapi aktivitas sehari-hari.

Definisi Depresi yang Perlu Anda Ketahui

Mengalami depresi berarti juga kita akan merasa sedih berkepanjangan, putus harapan, tidak punya motivasi untuk beraktivitas, kehilangan ketertarikan pada hal-hal yang dulunya menghibur, dan menyalahkan diri sendiri.

Stres yang tidak ditangani dengan baik juga dapat mengurangi semangat bekerja, dan membuat seseorang menunda atau bahkan menghindari kegiatan yang menjadi kewajibannya. Bila dibiarkan, stres berkepanjangan dapat berujung pada depresi.

Menurut catatan WHO, setidaknya 350 juta orang di seluruh dunia mengalami depresi, dan lebih dari 800 ribu orang meninggal bunuh diri akibat depresi. Sedangkan di Indonesia sendiri, penyebab kematian akibat depresi menduduki peringkat kedelapan dengan menyumbang 3 persen dari total angka kematian.

Hal ini terjadi karena masih banyak penderita depresi yang tidak mengakui kondisi mereka, sehingga tidak pernah ditangani atau setidaknya dibicarakan. Mereka menganggap depresi adalah sesuatu yang sepele dan bisa hilang dengan sendirinya. Padahal sebenarnya, depresi bukanlah kondisi yang bisa diubah dengan cepat atau secara langsung.

Cara Menangani Depresi

Depresi dapat ditangani dengan berbagai teknik pengobatan dan perawatan. Namun perlu diingat, perawatan terhadap penderita depresi sangat tergantung kepada jenis dan penyebab dari depresi yang dialami.

Jika depresi tergolong ringan, yaitu depresi dengan gejala-gejala yang tidak terlalu mengganggu rutinitas sehari-hari penderitanya, penanganan sendiri bisa cukup efektif. Terdapat beberapa hal yang bisa dilakukan sendiri untuk menangani depresi. Langkah-langkah yang bisa dijalankan sendiri adalah:

  • Belajar Tentang Depresi.

Memahami lebih jauh tentang penyakit yang dialami bisa membantu dan memotivasi Anda dalam menjalani pengobatan yang dilakukan. Agar keluarga memberikan dukungan sepenuhnya, mintalah mereka mempelajari tentang depresi.

  • Berolahraga.

Kegiatan ini bisa membantu mengurangi gejala depresi. Lakukan olahraga seperti berjalan, berenang, lari, berkebun atau aktivitas fisik lainnya. Fungsi utama berolahraga adalah meningkatkan rasa kepercayaan diri dan mengurangi perasaan cemas serta sedih. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan kualitas tidur seseorang.

  • Istirahat dan Relaksasi.

Tidur yang cukup juga sangat penting bagi kesehatan mental dan juga fisik. Melakukan kegiatan meditasi atau yoga juga bisa membantu dalam hal relaksasi dengan cara belajar mengendalikan dan menenangkan pikiran.

  • Menghindari Minuman Beralkohol dan Narkoba.

Rokok, minuman beralkohol, maupun narkoba pada awalnya mungkin terlihat membantu. Faktor-faktor ini akan membantu Anda sejenak melupakan depresi yang sebenarnya hanya akan menambah masalah Anda untuk jangka panjang.

  • Supporting System

Ketika Anda mengalami depresi, usahakan untuk membicarakan apa pun yang Anda rasakan dengan orang dekat. Mulailah berbicara dengan teman atau keluarga terdekat yang Anda percaya.

  • Kelompok Pendukung

Anda juga bisa bergabung dengan kelompok-kelompok terapi untuk berbagi cerita dan saling memberi dukungan. Membicarakan masalah Anda dengan sekelompok orang dengan pengalaman yang sama bisa mengurangi beban yang dirasakan.

Penanganan Depresi oleh Dokter atau Terapis Berpengalaman

Jika depresi telah berlangsung lama atau parah, penderita sangat disarankan untuk menemui dokter. Makin dini penanganan depresi, kemungkinan pemulihan secara menyeluruh bisa didapatkan.

Sebelum menentukan langkah pengobatan, dokter akan menanyakan beberapa hal tentang kondisi mental dan juga mengenai kondisi kesehatan Anda secara umum, termasuk seputar gejala-gejala depresi yang dialami dan menyelidiki apa saja pemicu-pemicunya.

Terkadang, saat seseorang mengalami depresi, mereka sulit membayangkan ada pengobatan yang bisa membantu. Pada kenyataannya, depresi akan lebih mudah disembuhkan jika lebih cepat ditangani. Bersikaplah terbuka kepada dokter Anda.

Selain konsultasi secara lisan, dokter mungkin akan melakukan tes darah untuk memastikan bahwa gejala yang terjadi adalah akibat depresi dan bukan masalah kesehatan seperti gangguan keseimbangan hormon tiroid.

Setelah itu, penanganan depresi mungkin akan dilanjutkan dengan obat-obatan, terutama untuk kasus depresi yang lebih parah. Terdapat berbagai jenis obat antidepresan yang penggunaannya diresepkan oleh dokter, dan beberapa penanganan yang bisa dilakukan sendiri.

Definisi depresi yang parah dan tidak ditangani dapat menyebabkan seseorang kehilangan motivasi untuk hidup dan akhirnya memutuskan untuk bunuh diri. Usahakan untuk membicarakan masalah apa pun dengan orang-orang terdekat Anda atau dengan dokter.

Jangan pernah membuat keputusan apa pun saat Anda merasa sedih atau sedang mengalami gejala-gejala depresi. Makin cepat penanganan dan pengobatan yang dilakukan, maka peluang kesembuhan depresi secara menyeluruh menjadi lebih tinggi.

 

Komentar

%d bloggers like this: