Mengenal Daun Tapak Liman dan Khasiat yang Dimilikinya

Daun Tapak Liman adalah jenis tanaman tropis yang berasal dari Amerika. Jenis tanaman ini adalah tanaman rindang yang sering tumbuh di area kebun, ladang, ataupun tepi rumah yang dekat dengan sumber air.

Mengenal Tanaman Herbal Tapak Liman

Sebutan tanaman Tapak Liman di satu daerah dengan daerah lainnya bisa berbeda. Tumbuhan ini dikenal juga dengan nama daerah Tapak Liman, Bala Guduh, Lelobakan, atau juga Cancang-Cancang.

Daun Tapak Liman tumbuh dengan menempel pada tanah. Pada bagian tengah daun akan tumbuh sebuah batang yang nantinya menjadi tangkai untuk bunga tanaman. Tumbuhan ini banyak didapati di negara tropis seperti Indochina, Malaysia, Thailand, dan Indonesia.

Daun Tapak Liman berukuran cukup lebar sekitar 3-6 cm dan memiliki panjang sekitar 20-30 cm. Bagian tepi daunnya bergerigi dan seluruh permukaan daunnya berbulu. Bunga bentuk bonggol, banyak, warna ungu. Buah berupa buah longkah.

Tumbuhan ini biasanya memiliki tinggi 0,1 – 0,2 meter dan tumbuh secara liar di ladang berumput, tepi jalan, galengan, dalam hutan, dan lain-lain. Ciri khas dari tanaman yang satu ini adalah daunnya yang berbentuk memanjang dan tidak besar, serta tangkainya yang memiliki sejumlah bulu halus.

Khasiat dan Kegunaan Daun Tapak Liman

Semua Daun Tapak Liman berada pada pangkal batangnya yang membentuk kumpulan daun yang menutupi permukaan tanah. Daun tunggal berkumpul di bawah membentuk roset, berbulu, bentuk daun jorong, bundar telur memanjang, tepi melekuk dan bergerigi tumpul.

Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat Daun Tapak Liman, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan daun ini untuk kesehatan Sahabat Herbal. Berikut informasinya:

  1. Semua bagian tanaman dapat digunakan sebagai pengobatan. Berdasarkan pengetahuan empiris, masyarakat tradisional mempercayai bahwa daun Tapak Liman dapat menyembuhkan penyakit ringan seperti pusing atau demam.
  2. Daun Tapak Liman memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh Anda karena daun ini mengandung beberapa senyawa yang cocok untuk digunakan sebagai obat alami atau herbal dalam mengatasi beberapa penyakit yang mengganggu kesehatan.

    Daun yang biasa yang digunakan adalah daun-daun yang tidak terlalu tua dan tidak terlalu muda biasanya dengan meminum air hasil rebusan dari simplisianya baik daun, akar maupun bunganya.

  3. Tapak Liman dapat bekerja sebagai obat lemah syahwat atau viagra alami. Kandungan stigmasterol yang dimilikinya berfungsi membentuk hormon progresteron (pada perempuan) dan androgen (pada laki-laki). Stigmasterol adalah turunan dari steroid yang salah satu aktivitasnya memacu gairah seksual.
  4. Di Thailand, tumbuhan ini dipakai untuk mencegah kehamilan, melancarkan air seni, dan juga afrodisiak. Sementara daun dan akarnya dipercaya sebagai peningkat stamina. Senyawa sesquiterpenoid lactone di dalamnya pun berkhasiat sebagai antibakteri dan antiradang pada tubuh manusia.

    Mungkin itulah sebabnya daun Tapak Liman di Indonesia banyak dipakai untuk mengobati disentri, amandel, demam, influenza, batuk, dan peradangan pada ginjal. Para wanita juga bisa memanfaatkannya untuk mengurangi nyeri haid dan sebagai penambah darah.

  5. Tanaman obat Tapak Liman juga dapat digunakan untuk pengobatan inflamasi, walaupun kebenaran khasiatnya belum teruji secara ilmiah. Namun begitu, tanaman ini diketahui mempunyai kandungan kimia antara lain flavonoid, saponin, dan tannin.

Kini diketahui bahwa Tapak Liman memang mengandung kandungan kimia yang memiliki efek farmakologis. Belum ada data medis efek samping pada manusia, tetapi hingga kini juga belum banyak penelitian lebih detail mengenai tumbuhan ini, terutama untuk perkembangan obat herbal.

Jadi, sebaiknya Sahabat Herbal berkonsultasi terlebih dahulu secara langsung dengan dokter Anda untuk efek samping dan pengaruhnya terhadap tubuh. Lebih baik lagi apabila Anda tanyakan pengaruhnya untuk jangka panjang sebelum konsumsi Tapak Liman ini.

 

Komentar

%d bloggers like this: