Manfaat Bunga Asoka untuk Datang Bulan

Hampir semua orang pasti mengenal bunga Asoka atau tanaman Asoka. Bunga dengan kelopak kecil-kecil dan berkelompok serta memiliki warna mencolok ini sering dijadikan tanaman hias dan diletakkan di teras-teras rumah. atau dibentuk menjadi pagar hidup.

Tak jarang bunga ini juga sering digunakan anak-anak untuk bermain pasaran. Mereka kerap kali  mengambil setiap kuntum dari bunga Asoka lalu menghisap nectar yang terasa manis di dalamnya Setelah itu, bunganya akan dirangkai menjadi perhiasan cantik berwarna-warni.

Asal Mula Bunga Asoka

Bunga Asoka yang memiliki nama lain (saraca asoca) merupakan tanaman bunga asal India yang merupakan keluarga dari caesalpinioideae. Tanaman Asoka dianggap sebagai tanaman yang suci di India, Nepal, dan Sri Lanka, yang cukup penting dalam tradisi dan budaya dan dimanfaatkan pada berbagai upacara adat.

Di India, Asoka memiliki nilai ekonomis yang tinggi karena warna dan tampilannya yang menarik dengan jumlah bunga yang banyak. Bunga Asoka seringkali ditemukan di sekitar kerajaan khususnya di halaman kerajaan dan juga di sekitaran kuil.

Pohon Asoka dianggap memiliki hubungan dekat dengan makhluk mitologi bernama Yakshi. Salah satu elemen penting dalam seni India, seringkali ditemukan di gerbang kuil Budha dan Hindu. Yakshi digambarkan sebagai wanita yang memegang tangkai tanaman Asoka yang sedang berbunga, yang menjadi standar elemen dekoratif bagi Agama Hindu dan Budha.

Pemanfaatan Tanaman Asoka di Indonesia

Di Indonesia, bunga Asoka cukup sering ditemukan di daerah yang lembab dan mendapatkan sinar matahari penuh. Tanaman ini ditemukan tumbuh subur di berbagai daerah di Indonesia dan diketahui memiliki manfaat yang berlimpah bagi kesehatan.

Asoka bernilai tinggi karena memiliki bentuk bunga yang indah serta harum. Tanaman Asoka berbunga sepanjang tahun, khususnya pada bulan Februari hingga April. Bunganya tumbuh di dalam gerombolan bunga yang padat, membundar dan dalam jumlah yang banyak.

Umumnya bunga Asoka akan berwarna oranye kekuningan dan menjadi merah seiring waktu. Dewasa ini, melalui perkembangan genetika, warna bunga Asoka menjadi bervariasi mulai dari kuning terang, kuning pucat, ungu, putih hingga merah muda.

Asoka merupakan tanaman semak berbatang keras dengan tinggi mencapai 7 meter.  Daunnya berbentuk lonjong meruncing dengan panjang mencapai 10cm. Warna hijau pekat yang mengkilap berasal dari banyaknya lapisan lilin di permukaan daunnya. Ketika muda, warna daunnya hijau muda mengkilap.

Di Indonesia, dikenal dua jenis bunga Asoka, yakni pohon Asoka yang tumbuh menjulang tinggi tanpa ranting atau disebut juga glodokan tiang (Polyalthia Longifolia) dan Asoka biasa (Polyalthia sp.) yang memiliki ranting dan berdaun runcing. Orang-orang Eropa sering menyebut tanaman ini Flame of the Wood atau api dari hutan karena warna bunganya yang cerah serta mencolok layaknya api.

Manfaat Tanaman Asoka, Termasuk Melancarkan Datang Bulan

AAsoka memiliki manfaat yang sangat banyak dan baik untuk tubuh. Seluruh bagian tanaman Asoka mulai dari batang, daun, akar hingga bunganya dapat dimanfaatkan untuk digunakan sebagai obat. Apa saja manfaat bunga Asoka?

1. Melancarkan Haid yang Tidak Teratur

Dalam mengatasi gangguan menstruasi, bunga Asoka ini berfungsi sebagai astringent yang berfungsi sebagai pereda stres dan bisa menenangkan otot-otot rahim, sehingga dapat merelaksasi dan menormalkan kembali siklus haid.

Coba campurkan 20 gram bunga Asoka dengan  10 gram daging lidah buaya dan sepucuk bunga mawar. Rebus dengan 2 gelas air bersih hingga menjadi 1 gelas dan minum 2-3 kali sehari. Cara lainnya adalah dengan merebus 3 ons kulit kayu tanaman Asoka menggunakan segelas air bersih hingga tersisa setengah gelas. Minumlah sebanyak 2-3 kali sehari.

2. Mengobati Memar

Asoka memiliki kandungan yang dipercaya dapat mengatasi memar. Coba rebus campuran serumpun bunga Asoka, sepucuk bunga Mawar, dan satu umbi Buah Dewa dengan air sebanyak 600 cc hingga air yang tersisa menjadi setengahnya. Minum 1-2 kali sehari setelah Anda selesai makan.

Daun Asoka dapat juga digunakan sebagai obat luar untuk mengatasi memar. Caranya, remas daun Asoka hingga keluar sarinya, lalu dicampurkan dengan balsam. Setelah itu oleskan ke bagian tubuh yang mengalami memar.

3. Mengobati Wasir dan Disentri

Jika Anda memiliki wasir, Anda dapat mengobati wasir tersebut dengan meminum rebusan bunga dan akar Asoka. Gunakan bunga yang masih segar dan dicuci hingga bersih, kemudian tumbuk sampai halus. Rebus dalam air mendidih dengan takaran air satu setengah gelas.

Setelah itu saring rebusan bunga Asoka dan minumlah selagi hangat sebanyak dua kali sehari. Jangan lupa, baiknya Anda gunakan bunga dan akar Asoka yang bersih, bebas dari jamur dan pestisida ya.

4. Mengobati Kram

Jika Anda sering mengalami kram baik karena kurang istirahat atau alasan lain, maka bunga Asoka dapat menjadi jawaban untuk menyembuhkan kram yang mengganggu aktivitas Anda. Caranya adalah dengan menggunakan 2 kelompok bunga Asoka dengan 30 gram daun sembung segar dan 3 pucuk bunga Mawar

Cuci bersih semua bahan tersebut di bawah air yang mengalir. Setelah itu rebus dengan menggunakan air sebanyak 600 cc hingga tersisa 300 cc dan minumlah rebusan tersebut 2-3 kali sehari setelah makan.

Demikian adalah beberapa manfaar bunga Asoka yang sangat berguna bagi kesehatan. Fakta ini telah diperkuat oleh masyarakat di India yang mengonsumsi Asoka selama ratusan tahun dan terbukti membantu menyembuhkan berbagai penyakit. Yuk mulai tanam bunga Asoka sebagai apotek hidup di pekarangan rumah Anda!

 

Komentar

%d bloggers like this: