Siapkan Agar-agar Saat Berbuka

Menyambut bulan puasa, mungkin saat ini Sahabat Herbal tengah menyiapkan beragam daftar menu untuk disajikan saat berbuka puasa. Dari beragam menu itu, tak ada salahnya Anda menyelipkan satu menu pembuka yang sederhana, seperti agar-agar yang terbuat dari rumput laut. Makanan yang menjadi kegemaran anak-anak ini rupanya memiliki khasiat yang baik untuk kesehatan tubuh dan tentunya cocok dikonsumsi saat berbuka puasa. Berikut beberapa manfaat dari agar-agar untuk kesehatan:

Meningkatkan sistem imun dan menurunkan kolesterol

Agar-agar ternyata kaya akan karbohidrat dan vitamin B. Kedua nutrisi tersebut sangat baik untuk membantu meningkatkan sistem imun tubuh. Dengan mengonsumsi agar-agar, tubuh akan tercegah dari resiko serangan jantung dan membantu menurunkan kolestrol jahat.

Baik untuk kulit

Selama berpuasa, tubuh akan kekurangan cairan yang berakibat pada keringnya kulit. Konsumsi agar-agar saat berbuka bisa menjadi solusi agar kulit tetap lembab. Dilansir dari lifestyle.dreamerd.id, agar-agar mengandung asam amino alami, yang baik untuk kulit. Amino acid membantu pembentukan sel kulit tubuh. Selain itu kandungan collagen pada agar juga bermanfaat untuk melawan tanda-tanda penuaan. Agar-agar juga kaya akan asam aspartat yang sangat baik dalam membantu proses regenerasi sel.

Perlancar pencernaan

Senyawa hidrokoloid yang terdapat dalam rumput laut memiliki keseimbangan yang baik antara sifat hydropilic dansynerisis-nya. Itu artinya, agar-agar adalah makanan kaya serat, dan orang yang mengonsumsi agar-agar asal rumput laut ini tidak harus minum banyak air setelah memakannya. Sementara serat makanan dari tanaman darat umumnya mengandung sifat hydropilic lebih kuat, sehingga mengonsumsinya harus dibarengi dengan meminum air yang lebih banyak.

 

Komentar

%d bloggers like this: