Ketahui Khasiat dan Manfaat Buah Delima

Pomegranate atau buah delima adalah salah satu buah paling sehat dan bergizi dan terkenal dengan rasanya yang khas. Delima merupakan sumber serat yang kaya akan vitamin C dan K. Buah ini kaya akan antioksidan dan memiliki beragam manfaat.

Di Indonesia sendiri, buah delima sudah termasuk jarang dikonsumsi masyarakat jika dibandingkan dengan buah-buahan lainnya. Bahkan tidak jarang masyarakat baru mengetahui manfaat buah delima dari sebuah iklan produk minuman adaptasi luar, hasil ekstraksi pomegranate yang tak lain dan tak bukan adalah buah delima itu sendiri.

Inilah Khasiat dan Manfaat Buah Delima yang Perlu Anda Ketahui

Mengonsumsi buah delima dipercaya dapat mencegah penyakit jantung, kanker, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kekebalan tubuh, meredakan stres dan meningkatkan libido. Sedangkan manfaat delima untuk kecantikan adalah dapat mencegah penuaan dini dan keriput.

Selain kandungan vitamin A, C dan E, dan asam folik yang sudah terkenal manfaatnya, berikut beberapa zat aktif yang terkandung dalam buah delima yang menjadikan buah ini sarat akan manfaat. Berikut khasiat lain dari buah delima:

Manfaat Delima untuk Kesehatan Jantung

Setiap 100 gram biji buah delima yang dapat langsung dimakan, mengandung kalium 259 mg/gr yang dianggap sebagai komponen penting bagi kesehatan jantung. Di California – Amerika Serikat, pemberian 8 ons jus buah delima setiap hari selama 3 bulan diketahui dapat mencegah kemunculan penyakit jantung iskemia.

Manfaat Delima sebagai Antioksidan dan Anti-aging

Buah delima memiliki kandungan antioksidan 3 kali lebih banyak dibandingkan wine dan teh hijau. Antioksidan yang terkandung dalam buah delima juga membantu mencegah oksidasi LDL atau kolesterol jahat yang menyebabkan penyumbatan pada pembuluh darah.

Kandungan flavanoid di dalamnya berperan penting dalam mencegah radikal bebas dalam tubuh, memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak, serta memberikan perlindungan pada kulit dalam menunda proses penuaan. Sehingga tidak jarang buah delima menjadi salah satu bahan utama dalam berbagai macam produk perawatan kulit.

Manfaat Delima bagi Pencernaan

Buah delima mengandung zat tanin yang tinggi, yaitu salah satu senyawa yang terdapat pada tanaman dan berfungsi dalam mengobati perdarahan serta luka terbuka pada lapisan lambung atau usus 12 jari, wasir, dan diare.
Zat Tannin akan menyusutkan selaput lendir usus sehingga cairan diare berkurang. Zat ini juga membantu usus mencerna dan menyerap protein secara langsung, sehingga dapat mencegah mikroba dalam rongga saluran pencernaan dalam memperebutkan asupan protein yang harusnya diperoleh tubuh.

Manfaat Delima sebagai Pembantu Diet

Saat sedang diet, biasanya seseorang menolak makan-makanan berat. Mereka cenderung mengonsumsi hanya satu jenis makanan ataupun hanya makan buah dan sayur tertentu untuk mengalihkan rasa laparnya.

Menurut sebuah studi dari University of Carolina, polifenol antioksidan dalam buah delima dapat meningkatkan metabolisme tubuh. Delima dapat menurunkan nafsu makan saat berdiet dan mengurangi kolesterol, racun berbahaya, serta meningkatkan aliran darah dalam tubuh.

Manfaat Delima yang Tidak Banyak Diketahui Orang

Para peneliti di Scotlandia pun berhasil membuktikan hubungan antara mengkonsumsi jus buah delima sebanyak 500ml sehari, mampu mengurangi kadar kortisol yang memicu hormon stres secara signifikan. Buah ini mampu mengurangi tekanan darah sistolik dan diastolik sehingga mampu membuat tubuh merasa lebih rileks dan mencegah hipertensi.

Selain dimakan langsung, buah delima juga dapat diminum sebagai jus untuk kesehatan mulut, tenggorokan, usus, tulang, kulit, bahkan suara. Dengan memakan buah delima secara perlahan mampu menjernihkan suara serak dan menghindarkan kekeringan pada tenggorokan.

Bagaimana, sudah jatuh cinta dengan manfaat buah delima? Meski masih memerlukan penelitian lebih lanjut, tentu tidak ada salahnya untuk mengonsumsi makanan sehat untuk pola makan yang seimbang. Masukkan buah delima ke dalam menu buah harian Sahabat Herbal, dan rasakan manfaatnya.

 

Komentar

%d bloggers like this: