8 Benda Ini Wajib Dibersihkan Secara Rutin

Apakah anda termasuk tipe orang yang menjadwalkan kegiatan bersih-bersih rumah? Lalu bagaimana dengan benda-benda yang selalu anda gunakan setiap hari, seperti AC, handuk dan sikat gigi? Seluruh benda yang kita gunakan juga perlu diperhatikan kebersihannya dengan diganti atau dibersihkan secra rutin loh Sahabat Herbal. Benda apa saja dan kapan harus membersihkannya? Yuk kita simak 8 benda yang wajib anda ganti atau bersihkan secara rutin:

1. Tirai Mandi
Bersihkan dan jemur tirai mandi anda seminggu sekali. Dikutip dari menshealth.co.id, tirai mandi di shower merupakan salah satu benda di kamar mandi yang menduduki peringkat tinggi sebagai area yang disukai kuman. Bahkan, hasil penelitian Applied Enviromental Microbiology menemukan bahwa tirai mandi berbahan vinyl merupakan tempat yang sangat disukai mikroorganisme seperti Methylobacterium dan Sphingomonas untuk berkembang biak.

2. Kasur
Di dalam kasur, banyak tungau yang tak terlihat secara kasat mata, untuk itu jemur secara berkala kasur anda, di terik matahari untuk mematikan jamur ataupun mikro organisme yang ada pada kasur. Selain itu, dengan menjemurnya kita dapat menjaga kasur agar tidak lembab dan tidak mudah untuk dihinggapi mikro organisme yang dapat mengganggu kesehatan.

3. Sikat Gigi
Menjaga kesehatan gigi rupanya tak hanya dengan rutin menyikat gigi. Mengganti sikat gigi secara berkala tiap 3 bulan sekali juga perlu dilakukan untuk menjaga kebersihan gigi dan mulut serta untuk mengindari peradangan gigi. Jadi, kapan terakhir anda mengganti sikat gigi anda?

4. Handuk
Tahukah anda bahwa saat mengeringkan tubuh seusai mandi, sel-sel kulit mati ikut menempel pada handuk dan menjadi sarang bagi kuman atau bakteri. Sebaiknya, setelah dipakai, handuk dijemur di bawah sinar matahari agar kuman mati dan handuk tak lembab. Ganti dan cucilah handuk anda secara rutin setiap seminggu sekali dan hindari menggunakan handuk secara bergantian untuk meminimalisir penyebaran bakteri atau kuman.

5. Bantal
Mengganti bantal tidur mengapa penting? Percaya kah anda jika di dalam sebuah bantal terdapat jutaan kuman dan jamur spora? Mereka bertahan hidup dengan memakan kulit mati yang mengelupas dari tubuh serta keringat yang menetes sebanyak 100 liter setiap tahunnya. Wow! Cucilah bantal setiap 3 bulan sekali dan ganti bantal setiap 2 tahun sekali untuk menghindari alergi dari bakteri dan tungau yang ada didalamnya.

6. Seprei
Seprei juga ternyata merupakan sarang kuman yang jarang disadari. Biasakan untuk mengganti baju setelah bepergian dan bersihkan diri (cuci tangan, kaki, dan muka) sebelum merebahkan diri di tempat tidur. Kemudian gantilah seprei setidaknya dua minggu sekali.

7. Keset
Cuci dan ganti keset rumah khususnya keset basah (kamar mandi) tiap minggunya. Karena keset adalah salah satu tampat banyaknya tersimpan kotoran dan bakteri. Jadi anda harus rajin mencuci dan mengganti keset, agar kotoran dan bakteri tak bersarang pada keset.

8. Gorden
Gorden (gordyn) seringkali luput dari perhatian kita saat membersihkan rumah. Padahal gorden adalah benda yang dapat terlihat dengan jelas oleh tamu bila kotor dan tidak terawat. Meskipun tidak harus sesering membersihkan rumah, gorden tetap perlu dibersihkan secara teratur agar tidak mengganggu keindahan rumah anda. Idealnya, gorden harus dicuci dan dibersihkan setiap tiga bulan sekali. Sedangkan vitrasenya dibersihkan setiap satu bulan sekali, sebab vitrase ini lebih cepat kotor bila dibandingkan dengan gorden.

 

Komentar

%d bloggers like this: