Tips Jaga Kesehatan Telinga

Memiliki panca indera yang sehat merupakan dambaan bagi semua orang. Peranannya yang penting bagi kehidupan, membuat tiap manusia perlu merawat dan menjaganya agar tetap sehat. Telinga, menjadi indera yang sering luput untuk dirawat dibandingkan keempat indera lainnya. Lalu, apa saja tips merawat telinga tetap sehat? Berikut tipsnya dilansir dari doktersehat.com.

1. Hindari mengorek telinga menggunakan cotton bud

Karena hal ini bukannya membersihkan kotoran, melainkan semakin mengotorkan telinga. Kotoran akan semakin masuk kedalam telinga. Dilansir dari merdeka.com, selain berwudhu anda dapat meneteskan minyak zaitun seminggu sekali ke telinga untuk mengeluarkan kotorannya.

2. Mengunyah makanan dengan baik

Gerakan mengunyah membantu dalam proses pengeluaran kotoran telinga. Untuk merasakan secara detail, cobalah mengunyah permen karet.

3. Coba melakukan terapi lilin

Sesekali Anda perlu untuk mencobanya karena akan sangat membersihkan kotoran-kotoran yang ada ditelinga. Pelajari bagaimana cara melakukan terapi lilin, lalu Anda bisa mencobanya sendiri dirumah.

4. Tidak Perlu Terlalu Bersih

Tidak selamanya bersih itu baik, apalagi untuk telinga Anda, seperti misalnya lapisan minyak atau serumen yang terdapat di sekitarnya. Walau lengket, serumen sebenarnya berfungsi untuk mengikat debu, bahkan serangga kecil yang mencoba masuk ke dalam telinga Anda. Secara normal, serumen akan mengering secara otomatis, dan dikeluarkan secara perlahan. Serumen yang mengering inilah yang sering dianggap sebagai kotoran telinga. Jika Anda ingin membersihkannya, lakukan saja seminggu sekali. Membilasnya dengan air bersih saat mandi sudah cukup. Kalau terlalu sering justru membuat telinga menjadi kering, iritasi dan gatal. Bahkan membuat telinga lebih sensitif dan menghasilkan lebih banyak serumen yang berakibat buruk bagi pendengaran.

5. Perawatan Rutin

Jika Anda merasa ada yang tak beres dengan telinga Anda, seperti terdengar bunyi-bunyi atau benda yang bergerak di dalam telinga saat menggerakkan kepala, sebaiknya segera berkunjung ke dokter spesialis THT. Begitu pula, saat Anda ingin membersihkan bagian dalam telinga. Lakukan pemeriksaan rutin setidaknya satu tahun sekali. Selain menjaga kebersihannya, hal ini juga bermanfaat untuk mengetahui kondisi kesehatan telinga Anda.

6. Bijak Menggunakan Earphone dan Headphone

Dalam penelitian yang dilakukan oleh ahli akustik, Profesor Huggonet menemukan penemuan baru, bahwa terlalu sering menggunakan alat pendengar seperti earphone dan headphone dengan suara kencang berpotensi menyebabkan kesehatan telinga dan pendengaran terganggu. Jika menggunakannya, Anda dapat menggunakan fitur smart volume. Fitur ini akan mengingatkan Anda untuk menjaga ketinggian volume musik jika terlalu kencang. Ada 2 kemungkinan yang terjadi, yang pertama Anda menjadi kurang peka terhadap bunyi dan yang kedua sebaliknya, Anda justru menjadi terlalu sensitif terhadap bunyi. Sebaiknya, gunakan earphone maksimal 2 jam sehari lalu istirahatkan pendengaran selam 6 jam sesudahnya. Pemakaian earphone terlalu lama juga bisa menghambat telinga mengeluarkan kotorannya.

 

Komentar

%d bloggers like this: